7 Hal Menakjubkan Yang Sosial Media Marketing Dapat Lakukan Untuk Bisnis Anda

Weekend telah tiba, akhirnya anda memutuskan untuk pergi mengajak keluarga ke destinasi wisata untuk sekedar berbagi waktu bahagia atau bahkan melepaskan stress setelah 5 hari bekerja di kantor dengan atasan yang tidak menyenangkan. Namun apakah anda tahu tujuan anda berwisata kemana? Makan siang dimana? Berapa budget yang akan anda habiskan hari ini? Sering terjadi bukan pada diri anda?

Social Media Power in Marketing Perspective

Hal tersebut juga sering terjadi pada bisnis di era sekarang, orang dihujani dengan informasi namun sedikit yang terkonversi menjadi pengetahuan. Hujan informasi tersebut sangat menggoda untuk disimpan dalam memori, namun terlalu banyaknya informasi yang tersimpan akan menjadi sulit bagi otak untuk memproses informasi-informasi mana saja yang bisa dijadikan sumber pengambilan keputusan.

Sosial media menjadi salah satu faktor penyumbang hujan informasi terbesar saat ini, namun yang menjadi pertanyaan, mampukah kita memanfaatkan sosial media menjadi tools yang berguna untuk bisnis pada saat ini? Mengingat sebagian orang sudah terlalu skeptis pada sosial media.

Berikut akan kami bahas 7 hal yang sosial media marketing dapat lakukan untuk bisnis anda, khususnya apabila dipandang dari perspektif marketing dan enterpreneur kekinian:

  • Meningkatkan Branding dan Kesadaran
  • Melindungi reputasi brand
  • Meningkatkan Public Relation
  • Membangun Komunitas
  • Meningkatan Layanan Pelanggan
  • Memfasilitasi Riset dan Development RnD
  • Membangun Leads dan Sales

Berdasar pengalaman kami, hal-hal tersebutlah yang saat ini dapat anda harapkan dari sosial media marketing untuk menunjang performa bisnis anda. Gunakan pendekatan strategis untuk meninjau area mana yang saat ini paling dibutuhkan untuk bisnis anda dan fokuslah!

1. Meningkatkan branding dan kesadaran
Penting bagi enterpreneur untuk memperlebar perspektif bisnisnya dari sudut pandang customer. Karena apapun pencitraan yang sudah anda lakukan ujung-ujungnya adalah apa yang dipersepsikan konsumen, bukan dari kaca-mata anda sendiri. Dalam hal ini anda tidak perlu membayar mahal lembaga riset seperti Nielsen, Markplus dan lain sebagainya cukup menggunakan perspektif yang berbeda saja.

Persepsi konsumen tentang brand anda dapat anda tingkatkan salah satunya dengan cara meningkatkan online chat, meningkatkan jangkauan pesan brand, meningkatkan preferensi brand diatas kompetitor, memberdayakan buzz dan lain sebagainya.

baca juga: 4 Hal Penting Dalam Memobilisasi Influencer pada Bisnis Anda

2. Melindungi Reputasi Brand
Kecerdasan buatan terbaru yang dimiliki Google tidak memberikan ranking pada perusahaan anda berdasarkan besar atau kecilnya perusahaan anda, nama baik perusahaan anda, shortcut, black hat, spamming atau hal-hal yang menakjubkan lainnya. Prioritas yang dilakukan adalah berdasar relevansi keyword dengan informasi yang diberikan dan informasi yang sedang didiskusikan. Artinya semakin banyak orang yang kecewa atau komplain dengan bisnis anda pastinya Google akan menemukannya.

Berkaitan dengan melindungi brand anda, sangat penting bagi kita untuk menjaga reputasi brand anda di berbagai media online yang ada, responsivitas terhadap komplain menjadi sangat penting saat ini, selain responsivitas dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, oleh karena itu tidak bisa dipungkiri bahwa menjaga reputasi brand saat ini bergantung pada search engine juga. Apabila anda ingin menjadi top pencarian di keyword tertentu yang sesuai dengan market anda maka anda harus mengoptimasi konten pada pencarian tersebut, berikut hal-hal yang bisa sosial media marketing lakukan untuk hal tersebut:

  • Meningkatkan mention dan sentimen positif pada brand anda
  • Menurunkan mention dan sentimen negatif pada brand anda
  • Memitigasi semua mention negatif
  • Membantu menaikkan ranking di mesin pencari

3. Meningkatkan Public Relation
“Building and maintaining relationship with various audiences or public which reflect positively upon the company, organization or person, Falls & Deckers : No Bullshit Social Media 2012”

Sosial media sangat erat kaitannya dengan public relation saat ini, karena semua platform yang saat ini menjadi populer menjadi fasilitas ruang public. Beberapa perusahaan mencari media untuk membangun strategi dan membuat keputusan untuk berkomunikasi dengan audiens berdasar data dan informasi mayoritas apa yang audiens liat, baca atau dengarkan saat ini.

Sebagai hasilnya sosial media marketing telah berubah menjadi kepanjangan tangan dari public relations, komunitas, komunikasi internal dan tools untuk mempengaruhi trend, berikut hal-hal yang dapat diwujudkan berkaitan dengan meningkatkan public relation denga sosial media marketing:

  • Membangun dan menjaga hubungan langsung dengan customer dan pemangku kepentingan
  • Publikasi inisiatif organisasi melalui blogger dan influencer
  • Memperbaiki komunikasi baik eksternal ataupun internal
  • Memfasilitasi kritik dan saran
  • Membangun partisipasi publik lebih massif dari pada menggunakan pendekatan tradisional

4. Membangun Komunitas
Menumbuhkan audiens konsumen dan mengelompokkan dalam suatu wadah dapat membangun literasi untuk mendapat potensi pemasaran mulut ke mulut, hal ini kadang dipertimbangkan sebagai telur emas pada dunia sosial media. Karena komunitas memudahkan pekerjaan bagi pada enterpreneur, komunitas juga berarti konsumen loyal, pecinta produk dan buzzer yang gratis.

Kadang sering kita temui pada komunitas ini banyak konsumen-konsumen yang menjadi devil advocats, yang akan membela dan menggaungkan terhadap kritik dan pesan-pesan perusahaan. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan oleh sosial media marketing

  • Meningkatkan jumlah fans, follower, friends ataupun audiens
  • Meningkatkan jumlah pelanggan loyal
  • Meningkatkan jumlah anggota komunitas
  • Menumbuhkan potensial up-sell customer

5. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan
Mungkin dari 7 hal yang dibahas ini, meningkatkan pelayanan pelanggan menjadi hal yang paling mudah untuk dilakukan, karena beberapa perusahaan telah melakukannya dan sekarang menjadi strategi yang cukup populer. Apa yang harus anda lakukan adalah hanya dengan bertanya “Apa yang bisa kami bantu?” pada orang-orang yang komplain pada channel yang anda miliki, selain mudah hal ini juga terbukti mengurangi cost dari call center bahkan dapat menambah terjadinya pemasaran mulut ke mulut.

Berikut hal-hal yang mampu dilakukan sosial media marketing dalam perspektif meningkatkan pelayanan pelanggan:

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Mengurangi cost call center
  • Meningkatkan mention dan sentimen positif
  • Menyenangkan bagi pelanggan karena merasa dihargai dan merasa dekat

6. Sebagai fasilitas Riset dan Pengembangan
Ide untuk melakukan inovasi menjadi hal yang kadang sulit dicari, beberapa perusahaan dapat mengkapitalisasi ide, komplain dan saran dari konsumen sebagai bahan untuk melakukan inovasi. Kolaborasi antar perusahaan dan konsumen sekarang sudah tidak asing lagi ditemui, banyak perusahaan yang saat ini membangun platform-platform generating idea dimana hasilnya bisa digunakan untuk membuat produk baru, fitur baru bahkan kadang bisnis baru.

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan oleh social media marketing:

  • Mencari ide produk baru untuk perusahaan
  • Mengembangkan fitur baru
  • Mengembangkan lini servis baru
  • Menjadi sumber riset pasar untuk perusahaan
  • Mendapat tambahan sales untuk perusahaan dari aktivitas RnD

7. Membangun Leads dan Sales
Leads atau potensial customer atau bahkan sales (Penjualan). Ya, sosial media marketing dapat menghasilkan lead bahkan penjualan karena sosial media saat ini menjadi ruang tersendiri bagi publik untuk mendiskusikan hal-hal yang kadang diluar dugaan perusahaan. Soft sales pada konten dan conversion rate adalah hal selanjutnya yang menjadi fokus perusahaan, dan hal tersebut sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa ujung dari sosial media marketing.

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan melalui sosial media marketing:

  • Mendapat leads dari visitor blog
  • Mendapat leads dari sosial channel
  • Meningkatkan conversion rate
  • Meningkatkan pembelian ulang dan refferal
  • Memperbaiki retensi pelanggan

Pada era dimana anak kecil sampai kakek-nenek hidup di dunia paralel yaitu dunia sosial media saat ini. Tidak ada cara lain selain bisnis juga harus mengikutinya, stop bersembunyi dari sosial media atau memperlakukan sosial media sebagai ajang main-main. Sudah saatnya kita menggunakan secara strategis. Mengidentifikasi secara spesifik, menentukan objective dan segera melakukannya untuk kepentingan bisnis anda. 

Setyo Ajie
IG : @Kakjijun
IoT Enthusiast
22 Oktober 2019