Tiktok – Bagaimana memanfaatkan Tiktok dalam Bisnis Anda

0
60
TikTok Berpotensi Menjadi Sosial Media Platform Promosi Baru

Tiktok – Bagaimana memanfaatkan Tiktok dalam bisnis anda? Apa sebenarnya Tiktok? Dan mengapa Tiktok berpotensi menjadi platform promosi sosial media yang baru?

Banyak dari kita belum menyadari secara keseluruhan bahwa sesungguhnya Tiktok telah menjadi alat sosial media yang baru dalam memviralkan sesuatu, baik itu objek manusia, tempat, gerakan, ataupun produk tertentu. Sebagai pelaku bisinis baiknya kita tetap up-to-date terhadap perkembangan platform-platform sosial media yang dapat kita gunakan dalam keperluan bisnis kita, dalam artikel ini kita akan menganalisa secara mendalam bagaimana Tiktok dalam perannya terhadap bisnis sekarang dan di masa depan.
Tiktok adalah platform video sharing yang berfokus pada video pendek. Meskipun asalnya cukup terlihat lucu dan menggelikan namun kisahnya patut untuk di ulas secara mendalam. ByteDance, adalah perusahaan awal yang menginisiasi berdirinya platform ini, dengan membuat platform video pendek yang diberi nama Douyin untuk pasar China pada tahun 2016, namun setahun setelahnya, perusahaan ini melakukan ekspansi internasional dan memilih untuk mengganti naman menjadi Tiktok. Saat TikTok mendapat perhatian internasional, muncullah platfform sejenis di America yang diberi nama Musical.ly. Pada tahun 2017 ByteDance membeli Musical.ly dengan valuasi sekitar 1 millar dollar Amerika, sehingga secara otomatis perusahaan ini memiliki dua platform yang mirip. Pada setelahnya sekitar tahun 2018 Musical.ly dan di TikTok digabung, semua akun Musical.ly secara otomatis ditransfer ke TikTok. Semenjak saat itu TikTok semakin besar apalagi dengan memberikan fitur tambahan seperti hastag pada Instagram atau Twitter. Selain itu pengguna juga dimudahkan untuk menggunakan filter, stiker dan pilihan lensa serta lagu yang bisa didownload secara langsung.

TikTok Berpotensi Menjadi Sosial Media Platform Promosi Baru

Siapakah yang ada di TikTok?
Secara demografis TikTok berisi pengguna usia muda, yaitu 40% diisi rentang usia 10-19 tahun dan 26% di isi 20-29 tahun, sisanya tersebar diberbagai rentang usia. Sementara dilihat dari jenis kelamin 55.6% pengguna adalah Laki-laki. TikTok secara konsisten telah mendapatkan perhatian dari audiens diusia muda, namun saat ini mulai menarik perhatian pengguna lainnya.
Sebagai seorang pelaku usaha, meskipun target audiens kita diluar dari apps tersebut tetap saja seharusnya kita terus melihat perkembangannya dan melihat dari gambaran besarnya di masa depan. Kendati baru mulai namun sudah mendapat perhatian besar meskipun dikalangan remaja saja, dan tidak menutup kemungkinan kedepan menjadi seperti Facebook dan Instagram, Kalangan dewasa pun akan tertarik untuk menggunakannya, oleh karena itu lebih baik apabila kita memulai dari sekarang. 

Bagaimana cara memasarkan Brand kita melalui TikTok?
Mungkin anda telah mencoba untuk menginstal Tiktok, dan mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara anda membangun brand anda dengan aplikasi ini? hal yang harus anda lakukan adalah memahami bahwa ini hanyalah platform sosial media seperti yang lain, jadi akan ada perbedaan yang jelas antara konten organik dan konten berbayar, Tiktok saat ini telah memulai untuk melakukan test ads berbayar dan kedepan akan banyak influencer bermunculan dari apps ini.

Berawal dari Konten Organic
Cara paling ampuh untuk memulai adalah dengan menumbuhkan konten organik anda, meskipun TikTok dipenuhi video-video unyu, namun anda tidak perlu menirunya, cukup membuat video yang sesuai dengan brand anda.
Memastikan brand personality selalu melekat pada video Tiktok yang anda buat akan membuat brand anda semakin kuat, misal seorang agen real estate yang membuat konten video mengenai video showing rumah atau properti yang dapat menarik perhatian pembeli. Jangan lupa untuk memberikan deskripsi dari video tersebut serta memberikan hastag yang sesuai. Selain itu Tiktok juga shareable ke platform yang lain semisal Facebook dan Instagram.
Dan yang paling penting untuk dipahami, bahwa anda dapat merepost video lama anda yang sudah pernah diproduksi untuk di post ulang menggunakan aplikasi TikTok ini. Baru-baru ini juga banyak ditemui hastag challenge, yaitu bagian dari campaign marketing perusahaan untuk memviralkan sesuatu yang berkaitan dengan produknya, hastag challenge memungkinkan kita untuk memberikan tantangan pada follower untuk posting video mereka masing-masing menggunakan hastag yang telah kita tentukan atau bahkan jenis video tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya. Untuk mempengaruhi para pengguna agar melakukannya maka anda dapat menggunakan hadiah sebagai penyemangatnya.

Melaju lebih cepat dengan Konten Berbayar
Meskipun saat ini konten berbayar masih dalam bentuk eksperimen dan hanya untuk brand-brand besar saja, namun kita tetap berjaga-jaga dan tetap terus mengawasi bagaimana konten berbayar ini bekerja, jadi kemudian hari kita bisa menentukan konten seperti apa yang berguna bagi bisnis kita dimasa datang ketika konten berbayar ini menjadi masiv.

Mengapa harus Mulai Sekarang?
Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, TikTok memiliki ribuan potensi menjadi tools bisnis yang baru, mengingat apps ini masih baru dan cukup menarik perhatian banyak orang. Selain itu TikTok juga memungkinkan kita sebagai pemilik bisnis untuk mengeksplorasi brand anda dari perspektif yang berbeda, seperti memberikan kesan lucu, menarik, fun dan kekinian.

Selain itu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan kenapa TikTok dapat menjadi tools baru dalam bisnis anda yang harus dimulai sekarang, yaitu:

  • TikTok itu Fun, Bukan hal yang terlalu Serius
    Aplikasi ini memiliki kesan lucu, humoris dan memiliki penekanan pada kesan unformal dimana hal ini bisa menjadi terobosan untuk kegiatan marketing yang selama ini terkesan mombosankan
  • Cost Produksi yang Rendah
    Dengan mempertimbangkan sebagian besar audiensnya adalah anak-anak dan remaja, mereka tidak begitu peduli tentang visual yang glamour dan terlihat mahal. Perhatian mereka tertuju pada hal-hal lain yang bersifat lucu dan kekinian. Hal ini dapat menurunkan cost produksi yang cukup signifikan
  • Berinteraksi dengan Audiens
    Apps ini saat ini masih dipenuhi oleh aktivitas para influencernya, selain para influencer TikTok saat ini juga memungkinkan untuk berinteraksi dengan audiens secara lebih intim dengan mengadakan challenge tertentu, challenge ini berpotensi menjadi user-generated content yang berantai cukup mudah mengingat audiensnya adalah generasi anak-anak dan remaja yang masih mudah untuk dipengaruhi

Sebagai pelaku bisnis pastinya kita akan memanfaatkan semua potensi yang ada, belum dapat dipastikan apakah aplikasi ini akan bertahan lama atau tidak, yang jelas selagi platform ini masih booming lebih baik kita manfaatkan sekarang. Bagaimana, apakah anda sudah menginstal TikTok?

Baca Juga: 
Point of Sales: Definisi dan Manfaat POS untuk Bisnis Anda
Coworking Space di Jogja yang Ramah di Kantong Mahasiswa

Setyo Ajie
IG : @Kakjijun
IoT Enthusiast
27 Desember 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here