Kopinggirjalan – Kedai Kopi, Buah Kreativitas Anak Vespa yang Menjanjikan

0
188
Kreatifitas anak vespa yang menjanjikan

Kopinggirjalan adalah sebuah kedai kopi sederhana dengan menggunakan kendaraan Bajaj tua yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk menggiling biji kopi dan menyeduhkannya kepada penikmat kopi di daerah Klaten. Sesuai dengan namanya, Kopinggirjalan atau “kopi di pinggir jalan” mereka hanya berjualan di pinggir jalan, tidak menggunakan bangunan yang tetap dan beratap.

Modifikasi Kendaraan Bajaj untuk Berjualan Secangkir Kopi

Kopinggirjalan sendiri muncul sekitar dua tahun lalu, pada 18 Oktober 2018 dua orang pemuda dari Klaten yaitu Taufik dan Icun memulai usaha ini di Alun-alun Klaten lebih tepatnya di depan Toko Kondangjaya. Berawal dari kegemaran yang sama yaitu Vespa dan suka ngopi muncullah ide untuk membuat kedai kecil dengan peralatan sederhana diatas gerobak kecil yang ditarik dengan vespanya.

Menikmati segelas kopi seduhan khas Kopinggirjalan

Seiring berkembangnya waktu Kopinggirjalan pun berubah dari awalnya hanya menggunakan gerobak yang ditarik dengan Vespa, saat ini menggunakan kendaraan Bajaj yang di modifikasi layaknya food truck, sehingga secara persediaan barang-barang yang dibawapun juga semakin banyak, mengingat penggemar kopi dan pelanggannya juga semakin banyak. Selain itu tempat “mangkal” nya pun saat ini berpindah ke tempat yang lebih luas dan lebih strategis, yaitu di depan Toko Amigo Klaten.

Kopinggirjalan saat ini bertempat di depan Toko Amigo Klaten

Membangun bisnis yang bersifat portabel seperti ini memang menguntungkan, karena tidak memerlukan investasi yang begitu besar di awal. Namun demikian bisnis di industri street-food seperti ini pasti ada suka dan dukanya. Kehidupan jalanan dan parkir liar tidak bisa dipungkiri lagi, apalagi ketika musim sudah menginjak musim penghujan maka hal tersebut akan menjadi tantangan tersendiri. Meskipun bisnis seperti ini banyak tantangannya tetap saja secara perhitungan investasi cukup menggiurkan, dengan rata-rata 50-60 cup sehari dan harga kopi berkisar dari Rp 10.000 hingga Rp. 12.000, maka bisa dibayangkan omzet yang diraih kedua pemuda ini dalam sebulan.

 

Baca juga artikel kami lainnya:
WOW, Akhirnya Facebook Meluncurkan Facebook Pay!
Meningkatkan Penjualan dengan Influencer Marketing

 

Selain investasi diawal yang tidak begitu besar, biaya operasional pun tidak sebesar kedai kopi yang menggunakan bangunan-bangunan tetap. Secara potensi market yang bisa diraih pun kedai kopi seperti ini jauh lebih besar mengingat potensi customer tidak akan ter-intimidasi oleh harga yang tinggi seperti cafe pada umumnya. Selain itu juga bisa menjangkau semua kalangan, tidak terbatas pada kalangan atas atau komunitas tertentu saja.

Kopinggirjalan mematok Rp. 10.000 hingga Rp. 12.000 per gelasnya

Selama ini Kopinggirjalan memanfaatkan peran Sosial Media sebagai channel campaign marketingnya, karena diakui oleh Taufiq, Instagram sangat berperan dalam menggaungkan bisnisnya, khususnya komunikasi organik yang dapat menambah jumlah pelanggannya. Selain itu diakui pula oleh Taufiq dan Icun bahwa peran teknologi juga cukup membantu berkembangnya bisnis tersebut, salah satunya ketika mereka memanfaatkan platform Ojek Online Grab Food dan penggunaan Ovo sebagai alat bayarnya meskipun saat bertransaksi harga yang dikenakan naik sebesar 20%, namun diakui oleh keduanya hal ini cukup menambah traffic order yang didapatinya perhari.

Kopinggirjalan saat ini diminati berbagai kalangan

Menurut keduanya juga meskipun di kota kecil seperti Klaten, saat ini untuk urusan market kopi sudah cukup ter-edukasi, artinya orang-orang sudah mulai sadar tentang kopi yang benar itu seperti apa. Menurutnya masyarakat sudah mulai berpindah dari kopi sobek ke kopi giling, hal ini juga ditandai dengan munculnya beberapa kedai kopi yang menawarkan produk sejenis di kota ini.

Saat ini Kopinggirjalan buka 6 hari dalam seminggu kecuali hari Senin. Anda dapat dimanjakan oleh gilingan dan seduhan kopi ala Kopinggirjalan mulai pukul 19.00 hingga pukul 02.00 dengan harga yang lebih terjangkau daripada harga kopi seduhan cafe-cafe biasanya. Andapun juga dapat menghubungi mereka via Instagram melalui @kopinggirjalan_

Setyo Ajie
IG : 
@Kakjijun
IoT Enthusiast
16 November 2019

 

 

Apa ya fungsi #hastag pada Instagram?

Visit Our Store Here

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here