Meningkatkan Penjualan dengan Influencer Marketing

2
67
“Customer hide from a company because now people under attack from ads, cold calling and other aggressive outbound tactics, Meghan Keeney, VP of Sales Hubspot”

Kali ini kami akan membahas tentang pentingnya menentukan objectif dari campaign Influencer Marketing dan mengintegrasikan dengan strategi-strategi untuk mencapai objectif tersebut secara detail berdasarkan best-practice yang selama ini sudah ada.

Umumnya pebisnis menggunakan influencer marketing dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan, namun yang harus dipertimbangkan adalah in-line atau tidaknya strategi yang anda buat, misal tujuan anda adalah meningkatkan penjualan dengan influencer marketing, akan tidak tepat apabila sang influencer mengkomunikasikan campaign dengan posting di Instagram, namun apabila memanfaatkan story dengan kemampuan swipe up dan menyertakan link direct sales, maka akan sedikit lebih baik. Contoh diatas adalah fenomena yang sering kita temui di jejaring sosial kita, tidak ada benar atau salah dalam hal ini, kami hanya berusaha mencari best-practice yang selama ini sudah dilakukan oleh beberapa pebisnis yang sukses memanfaatkan influencer marketing. 

Dibawah ini, kami akan memberikan program-program yang mungkin cocok untuk dicoba pada bisnis anda tentunya harus dipertimbangkan kesesuaiannya.

Affiliate Programs

Affiliate Program adalah sebuah kerjasama saling menguntungkan dimana sang influencer

Affiliate Program adalah sebuah kerjasama saling menguntungkan dimana sang influencer menerima komisi atas hasil influence nya. Biasanya mereka akan mendapatkan prosentase dari masing-masing penjualan yang sudah mereka hasilkan. Bagi perusahaan program ini sangat efisien karena hal ini merupakan kepanjangan tangan dari Sales dan salah satu kegiatan public relation yang secara langsung dapat men-generate sales. Bagi influencer manfaatnya terasa lebih nyata karena mereka mendapatkan hasil dari apa yang sudah dikerjakan, semakin besar effort yang dilakukan maka akan semakin banyak benefit yang didapat. 

Discount Code

Memberikan kode diskon khusus bagi para influencer untuk dibagikan kepada audiensnya adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Barangkali kita tidak bisa mengesampingkan fakta bahwa semua orang suka menawar, dan semua orang suka diskon, dan saat ini diskon masih menjadi kekuatan yang menarik seseorang untuk membeli. Cara paling mudah adalah membuat kode diskon yang mudah dikaitkan dengan nama sang influencer, selain mudah diingat hal ini memudahkan kita untuk melakukan tracking dan mengukur keberhasilan program dan keberhasilan sang influencer tersebut dalam menghitung ROI.

Meningkatkan Jangkauan Postingan Influencer

Influencer Marketing

Influencer memiliki audiens terbatas oleh karena itu kita bisa memanfaatkan postingan yang dibuat oleh influencer tersebut untuk mendapat jangkauan lebih banyak, misal dengan memanfaatkan platform yang berbeda untuk konten yang dibuat influencer tersebut. Kita juga bisa melakukan repost atau regram, selain itu kita juga bisa menambahkan tombol “call to action” seperti beli sekarang, berlangganan sekarang atau hubungi kami. Namun yang perlu dipertimbangkan pastikan anda sudah mengantongi izin untuk melakukannya dari influencer yang anda ajak bekerja sama.

Blog dan Artikel

Jangan pernah merasa bahwa blog sudah usang. Anda bisa memasukkan kedalam syarat dan ketentuan sebelum anda bekerja sama dengan influencer.  Blog dan artikel saat ini masih menjadi media yang tepat untuk membuat konten yang panjang yang memiliki banyak informasi di dalamnya, selain itu di blog bisa memasukkan link pada produk-produk yang berbeda dan landing page yang membuat konsumen lebih mudah untuk membelinya. 

Regram Content dan Memanfaatkan Shoppable Link

Sebuah gamechanger telah dibuat oleh instagram, yaitu shoppable link. Hal ini memudahkan anda untuk melakukan repost dan regram pada konten-konten yang telah disepakati dengan anda menambahkan CTA “call to action” dengan demikian audiens dengan mudah bisa menemui produk anda lebih cepat. Dengan regram konten tersebut juga membuat waktu life-span nya lebih panjang sebelum konten anda tenggelam dalam timeline sang influencer.

Penawaran Eksklusif

Jangan pernah lupa untuk create urgency, yaitu sesuatu yang bisa memaksa audiens untuk segera melakukan pembelian, misal dalam konten yang anda buat menambahkan penawaran eksklusif misal “diskon hanya berlaku minggu ini”

Kolaborasi Produk

Kolaborasi produk disini dimaksudkan untuk menambah awareness produk anda dengan berkolaborasi pada influencer yang sudah memiliki awareness yang kuat. Contoh terbaru adalah kolaborasi antara Anji dengan produsen Sepatu, dimana produsen sepatu tersebut menggunakan Anji sebagai influencer dan juga membuat brand baru “Dia” yaitu sesuai judul lagu yang cukup populer milik Anji.

Menggunakan Influencer yang Tepat

Menemukan influencer yang tepat adalah hal yang paling penting apabila tujuan anda adalah meningkatkan penjualan. Misal anda memiliki bisnis usaha makanan, akan tidak tepat apabila influencer yang anda pilih adalah influencer kecantikan, karena audiens mereka menginginkan melihat konten-konten yang berhubungan dengan kecantikan bukan untuk membeli makanan.

Banyak sekali platform-platform berbayar yang dapat membantu anda untuk menemukan influencer yang tepat, seperti misalnya Dyzio, Meltwater, Narrators dan lain sebagainya. 

Menganalisa Detail Follower sang Influencer.

Saat memilih sang influencer sangat perlu bagi kita untuk menganalisa secara detail

Saat memilih sang influencer sangat perlu bagi kita untuk menganalisa secara detail, misal tingkat kepercayaan audiens pada orang tersebut, bagaimana sang influencer menghadapi kritik, komunitas apa saja yang diikuti oleh influencer dan yang terpenting adalah tanggung jawab moral kita sebagai seorang pebisnis. Tentu kita tidak mau mengangkat seorang influencer kedalam komunitas untuk menjadi kepanjangan tangan dari produk kita namun dibalik itu semua ternyata secara personal sang influencer memiliki sisi negatif yang pada saatnya akan membawa dampak buruk bagi produk kita.

Setyo Ajie
IG : @Kakjijun
IoT Enthusiast
29 Oktober 2019

Artikel yang mungkin anda suka:

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here