Instagram – Influencer

1
80
Influencer
Micro Infuencer vs Macro Influencer

Influencer, Kali ini kami akan membahas tentang Influencer pada kegiatan marketing para pelaku bisnis. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa banyak konsumen saat ini semakin skeptis terhadap aktivitas marketing dan iklan. Tahun-tahun kejayaan iklan telah berlalu, semakin banyaknya informasi iklan yang ada membuat konsumen tidak lagi sensitif oleh karena itu hal ini membuat pelaku bisnis berfikir kreatif bagaimana caranya menyampaikan pesan yang melekat pada bisnis mereka. Pada tahun 2018 lalu, sebuah alternatif baru mulai menjamur dan menjadi trend yaitu memanfaatkan influencer marketing. Data menunjukkan bahwa pelaku bisnis akan membelanjakan lebih besar budget mereka untuk influencer marketing daripada kegiatan marketing yang sebelumnya seperti misalnya email marketing, SEO, SEM dan Paid Social Media.

Mengapa Influencer Marketing pada Instagram Membuahkan Hasil?

Salah satu alasan mengapa influencer marketing pada platform Instagram sangat efektif karena menghilangkan batasan-batasan konvensional seperti pada iklan-iklan umumnya. Influencer memungkinkan adanya interaksi dengan audiensnya secara langsung, tidak tekesan masif dan terlihat lebih otentik. Secara tidak disadari hal ini memungkinkan timbulnya kepercayaan dari audiens meskipun tidak secara langsung.

Influencer : Macro vs Micro

Memilih influencer pada platform Instagram tidaklah mudah, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebagai seorang pebisnis, Seseorang dengan followers banyak tentunya bakal mematok harga lebih tinggi pada setiap postingannya, meskipun demikian engagement ratenya belum tentu besar, dan yang paling penting personal interactive nya juga kecil. Tidak cocok untuk jenis campaign yang membutuhkan engagement rate tinggi dan menargetkan komunitas tertentu. Untuk campaign tersebut mungkin anda perlu melirik micro influencer untuk anda ajak bekerja sama. Micro Influencer adalah orang dengan follower antara 10.000 sampai 100.000, namun meskipun jumlah follower mereka kecil tapi engagement rate dan conversion ratenya justru lebih besar.

Baca Juga :

Instagram – Apa itu Engagement Rate?

Instagram : Apa itu Hastag? dan Apa Fungsinya?

Mengapa Micro Influencer lebih Efektif?

Para folower micro influencer memiliki kecenderungan untuk berada pada interest yang sama pada konten tertentu. Dengan frekuensi yang sama antara folower dan influencer hal ini memudahkan bagi kita untuk melakukan pendekatan dalam perspektif bisnis. Dibawah ini kami sudah menyimpulkan mengapa micro influencer jauh lebih efektif, berikut ke 5 alasannya:

  • Mereka memiliki audiens lebih sedikit namun tertarget
  • Mereka lebih otentik dan lebih kredibel
  • Mereka terlihat lebih membumi
  • Lebih murah secara cost dibandingkan dengan influencer terkenal
  • Mereka memiliki engangement lebih tinggi dan conversion rate lebih tinggi pula.

Influencer Marketing mungkin saja tidak bisa diaplikasikan kepada semua jenis bisnis, namun selama ini dapat dilihat bahwa bekerja sama dengan influencer cukup efektif, murah dan memiliki resiko yang kecil apabila akan digunakan untuk test/menjajaki brand dan produk anda pada influencer yang followernya tidak terlalu banyak. Untuk memilih influencer yang tepat secara sederhana dapat anda lakukan dengan mengikuti hastag tertentu atau melihat pada kategori tertentu pada fitur “explore” dan mencari influencer siapa yang ada di sana.

Namun, saat ini ada beberapa tools khusus yang dapat memudahkan kita untuk mengidentifikasi inluencer yang tepat pada setiap konten yang relevan. Pada artikel berikutnya kami akan membahas tentang bagaimana cara memilih influencer secara lebih detail.

Setyo Ajie
IG : @Kakjijun
IoT Enthusiast
29 Oktober 2019

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here