Instagram : Apa itu Hastag? dan Apa Fungsinya?

5
99
Instagram : What is Hastag?

Dari #hastag hingga tidak menggunakan #hastag, namun sebelumnya akan kita bahas apakah #hastag?

Hastag biasanya selalu ditambahkan pada akhir caption atau komentar pada setiap postingan sebagai faktor pembeda pada setiap topik atau konten. Secara sederhana anda tinggal meletakkan kata-kunci tertentu yang biasanya digunakan oleh audiens pada sebuah postingan. Atau dengan kata yang lebih sederhana hastag adalah keyword yang digunakan pada postingan yang spesifik. Seperti misalnya apabila anda menargetkan pada audiens pecinta kopi agar menemukan postingan yang anda buat, maka cukup meletakkan hastag #coffee #coffeeshop #kopi dan sebagainya pada postingan anda.

Apakah Menggunakan Hastag akan Meningkatkan Engagement?

Beberapa tahun terakhir hastag menjadi semakin populer dikalangan pengguna sosial media, oleh karena itu pengguna Instagram sudah terbiasa mencari postingan yang mereka suka dengan menggunakan hastag. Banyak dari kita berpendapat bahwa menggunakan hastag pada postingan Instagram akan meningkatkan pengunjung. Nah, yang menjadi pertanyaan apakah asumsi tersebut benar? Apakah yang sebenarnya dapat membantu menambah jumlah viewers dan engagement?

The average Instagram post contains 1.014402684 hashtags.

Berdasar data yang dapat kami himpun pada tahun ini, menghasilkan result yang cukup mengejutkan. Ternyata semakin banyak hastag berkorelasi negatif terhadap engagement rate, jadi, semakin banyak hastag yang digunakan malah justru akan mengurangi engagement nya. Hal ini cukup mengejutkan dan bertolak belakang dengan beberapa pendapat dari para expert Instagram tentang penggunaan hastag. Ada beberapa alasan yang mendasari hasil dari data tersebut:

  • Para influencer instagram dengan engagement tinggi biasanya mereka mendapat banyak kunjungan dan likes pada postingan mereka secara natural, bukan karena hastag (Jadi hal ini berakibat pada nilai rata-rata data tersebut meninggi di axis x).
  • Konten yang bagus akan mendapat engagement yang tinggi secara alamiah, hastag tidak akan mendorong terjadinya engagement pada konten-konten receh atau tidak berkualitas.
  • Banyak pengguna Instagram menggunakan hastag yang tidak relevan
  • Maraknya konten-konten spam pada Instagram menggunakan hastag yang banyak, hal ini menimbulkan skeptisme pada pengguna Instagram.

Sehingga dari data tersebut dapat kami sarankan untuk menggunakan hastag tidak lebih dari 5.

                                 baca juga : 3 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Good Leader

Hastag yang Paling Sering Digunakan?

Terdapat ribuan hastag, bahkan anda bisa menggunakan random hastag anda sendiri, namun yang jadi pertanyaan sebagai seorang pebisnis, apakah hastag yang tepat dan mampu menjangkau banyak orang? Sebagai kita ketahui bahwa Instagram menjadi platform terbaik dalam industri fashion, food dan juga konten-konten lifestyle. Kami telah menghimpun 20 top hastag pada pengguna Instagram seluruh dunia dalam perspective ketiga industri diatas.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah menggunakan populer hastag diatas akan menjamin engagement rate yang tinggi pada konten anda? Belum tentu juga, masih banyak faktor lain yang memiliki signifikansi tinggi pada engagement rate yaitu diantaranya, Integritas user, kesesuaian konten, timeline serta kategori. Hal tersebut membuat kita harus secara jeli menempatkan hastag yang tepat berdasar kesesuaian konten dan berbagai pertimbangan lainnya.

 Artikel yang mungkin anda suka: 

Apa yang Harus Kita Lakukan Sebagai Seorang Pebisnis?

Saat kita membahas tentang hastag, relevansi menjadi lebih penting daripada jumlah hastag yang dibuat. Instagram pun tidak membatasi jumlah hastag yang anda buat, namun semenjak hastag menjadi sangat popular, user tidak lagi sensitif terhadap hastag dan cenderung skeptis. Atas alasan tersebut kami menyarankan untuk tidak menggunakan hastag lebih dari 5 buah dan pastikan hastag tersebut relevan dengan postingan yang anda buat. Sedangkan pertimbangan hastag mana yang akan anda gunakanan, sebelumnya anda perlu sedikit riset bagaimana kompetitor dan para influencer di industri anda. Apakah mereka mendapat engagement yang bagus pada setiap kontennya? Dan hastag apa saja yang mereka gunakan? Kemudian anda bisa mencari similaritasnya, dan yang terakhir pastikan anda membuat hastag personal untuk keperluan branding bisnis anda atau sering disebut dengan “hastag branding”.

Hastag branding adalah personal hastag yang memiliki nilai unik yang menggambarkan bisnis anda, hal ini dapat berupa nama produk, nama bisnis anda, nama program yang sedang anda jalani, nama campaign, tagline dan semuanya yang berkaitan dengan identitas brand atau bisnis anda, Taylor Lorents (Head of Marketing at Later)”

Disadur dari: Instagram Engagement Report 2019

Setyo Ajie
IG : @Kakjijun
IoT Enthusiast
24 Oktober 2019

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here